top of page
  • Writer's pictureAdmin

Kamu Sering Main Handphone? Waspadai Penyakit Ini!


Sumber : Doripos.com

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman saat kamu tidak membawa handphone kamu? Atau kamu tipe yang selalu membawa handphone kemana saja dan melakukan apa saja? Waduh, hati-hati! Kamu mungkin sudah terkena "kecanduan handphone". Mungkin nama penyakit ini aneh dan konyol. Jika dipikirkan pastinya kita punya beribu alasan bahwa kita tidak terkena penyakit kecanduan gadget ini, bukan? Tetapi seberapa yakin kamu?


Seperti apa sebenarnya penyakit kecanduan handphone ini? Salah satu ciri dari kecanduan handphone adalah nomophobia. Nomophobia atau no mobile phobia adalah keadaan ketika kita takut berpisah dengan handphone. Kita selalu mengecek handphone dan memastikannya berada di dekat kita dan juga merasa resah berlebih saat baterai handphone habis. Keadaan ini dapat dikatakan gangguan mental.


Mungkin terlihat lebay tetapi gangguan mental ini bukan sesuatu yang langka. Dikutip dari artikel detik.com yang menyebutkan penelitian dari SecurEnvoy.com bahwa ternyata 66 persen dari 1000 responden yang disurvei menunjukkan gejala yang dikategorikan perilaku nomophobia. Mengejutkannya ternyata usia muda lebih tinggi diserang penyakit ini terutama dalam kelompok usia 18-24 tahun lho!



Beberapa gejala awal penyakit gangguan mental ini yang dikutip dari bbc.com yaitu :

  1. Terus menerus melihat ponsel tanda alasan

  2. Merasa tidak nyaman saat berpikir tidak membawa ponsel

  3. Menghindari interaksi sosial demi menghabiskan waktu dengan ponsel

  4. Bangun pada malam hari untuk memeriksa ponsel

  5. Penurunan peforma kerja atau akademis akibat beraktivitas pada ponsel

  6. Perhatian mudah teralihkan oleh email atau aplikasi pada ponsel


Dari penjelasan gejala di atas mungkin saja merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa kita sadari. Ternyata kebiasaan itu juga dapat membawa kita dampak buruk yang tanpa sadar sudah atau akan terjadi pada kita. Mari lebih untuk mengenal diri kita dan juga harus lebih disiplin untuk mengatur waktu penggunaan handphone jangan sampai terkena penyakit kecanduan handphone. Selalu ingat bahwa sesuatu yang berlebih itu tidak baik.


 

Penulis : Maya Fahel

14 views0 comments
bottom of page