top of page
  • Writer's pictureAdmin

7 Langkah Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri



  • Bersyukur dan Selalu Berfikir Positif

Bersyukur dapat menghindari stress dan perasaan negatif lainnya. Mensyukuri apa yang sudah dimiliki saat ini dapat membuat kita menjadi percaya diri di kemudian hari karena kita yakin bahwa segala yang kita punya saat ini adalah yang terbaik.


Selain bersyukur imbangi dengan berfikir positif. Pikirkan hal-hal yang membuat kita bahagia. Contohnya ketika kita memakan makanan kesukaan kita. Jangan ada rasa takut dan cemas, itu hanya akan membuat mood kita menjadi buruk.


 

















  • Berikan Diri Sendiri Ucapan Penyemangat

Apa yang kita ucapkan dapat memberikan efek dalam diri kita. Ubahlah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Misalnya katakan dalam hati “Saya bisa melakukannya”, “Saya mempunyai kemampuan yang sama dengan mereka”, “I love myself”. Dengan mengatakan kalimat tersebut maka secara tidak langsung kita mendapatkan suntikan semangat untuk diri sendiri. Biasakan memberikan kalimat penyemangat kepada diri sendiri agar bisa lebih yakin terhadap diri sendiri.


 


  • Tambah Wawasan dan Pengetahuan

Semakin banyak wawasan dan pengetahuan maka akan meningkatkan kepercayaan diri kita. Rajinlah membaca buku, koran, majalah, artikel, dan sebagainya. Dengan begitu saat tampil di depan publik, kita akan merasa lebih percaya diri karena sudah mempunyai berbagai referensi.


 


  • Persiapan yang Matang

Kepercayaan diri akan meningkat apabila kita mempersiapkan semua hal dengan matang. Seperti sebelum melakukan presentasi, persiapan bahan dari banyak referensi dan latihan presentasi secara berkala. Bukan hanya membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga mengantisipasi kegagalan.


 


  • Berdoa Sebelum Memulai Sesuatu

Berdoa dan percayalah Tuhan akan selalu berada disamping kita dan melancarkan setiap langkah yang kita ambil.


 


  • Perbaiki Penampilan

Meningkatkan kepercayaan diri selanjutnya adalah memperbaiki penampilan. Dimulai dari memakai baju yang nyaman, memperbaiki postur rubuh, memakai parfum dan merawat kulit. Ketika kita sudah mendapatkan penampilan yang baik secara otomatis kepercayaan diri meningkat.


 


  • Catat Setiap Prestasi yang Pernah Diraih

Ingat kembali dan catat semua apa yang sudah kamu raih. Catatlah prestasi itu walaupun sekecil apapun. Mencatat prestasi berguna saat kamu merasa rendah diri. Ayo cari kelebihan kita dan tingkatkan rasa percaya diri.


 

4 views0 comments
bottom of page