top of page
  • Writer's pictureAdmin

Sering Lupa? Atasi Dengan 7 Cara Ini!


Sumber : Seruni.id

Terkadang kita lupa menaruh hp dimana, materi kuliah, nama teman yang sudah lama tidak kita temui dan masih banyak lagi. Apalagi kamu masih muda dan sehat, aneh banget kan rasanya.. nah, kalo kamu punya masalah seperti ini, yuk liat baca langsung hal apa saja yang bisa meingkatkan daya ingat.



 

Sumber : gkjwnganjuk.web.id

  • Istirahat Yang Cukup

Memaksa otak terus bekerja dapat membuat kinerjanya menjadi kacau. Kekurangan tidur dapat membuat lelahnya fisik dan mental. Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Rata-rata orang dewasa membutuhkan minimal 6-8 jam untuk tidur. Istirahat akan membuat tubuh menjadi bugar dan terhindar dari stress. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk hal-hal yang lebih menantang.



 

Sumber : Aladokter.com
  • Konsumsi Asupan Makanan yang Cukup

Untuk meningkatkan daya ingat, otak perlu mendapatkan asupan makanan yang baik agar kemampuannya terjaga. Cukup sederhana untuk memberi asupan makanan untuk otak, yaitu dengan mengonsumsi sayuran dan mengurangi makanan yang mengandung gula yang banyak. Coba deh makan makanan yang mengandung omega 3 dan MCT (medium-chain triglycerides) karena zat tersebut bagus untuk perkembangan otak. Contohnya saja ikan salmon, minyak ikan, kedelai, bayam dan minyak kelapa.



 

Sumber : hellosehat.com

  • Konsumsi Permen Karet

Mungkin kelihatannya sepele tetapi ini cukup bermanfaat untuk daya ingat kamu. Banyak penelitian yang telah membuktikan seperti di UK bahwa mengunyah permen karet dapat membantu kualitas daya ingat seseorang. Aktifitas ini berkaitan dengan otak terutama bagian hippocampus yang bisa meningkat ketika kamu sering mengunyah permen karet.



 

Sumber : jalantikus.com

  • Lakukan Aktifitas Permainan Otak

Ada saatnya kamu lelah dan tidak ingin berpikir atau bekerja. Jika iya, coba untuk memainkan permainan otak. Otak perlu dilatih agar kemampuannya terasah sehingga sel-sel dalam otak mulai terdegenerasi dan membuat tidak mudah lupa. Contoh permainan otak seperti mengisi teka-teki silang, puzzle, catur, dan lain-lain. Cobalah untuk melalukan permainan otak kurang lebih 20 menit dalam sehari. Jika kamu tidak terlalu menyukai permainan otak, kamu bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi baru kamu.




 

Sumber : cbmtraining.co.za

  • Jangan Sering Bekerja Multitasking

Siapa nih yang sering multitasking untuk melakukan perjaan sehari-hari ? Bagi kamu yang sering melakukan multitasking sebaiknya hindari deh, karena terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat. Otak memiliki kapasitas tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Jika kamu terus menerus melakukan pekerjaan secara multitasking membuat kamu menjadi tidak fokus terhadap pekerjaan yang kamu kerjakan bahkan kamu menjadi tidak bisa mengingat salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan saat itu. Jadi, lebih baik fokus terhadap satu pekerjaan dan lanjut ke pekerjaan selanjutnya.


 

Sumber : Shinq4.wordpress.com

  • Sering-Sering Menulis

Menulis salah satu aktivitas yang membantu daya ingat otak dan konsentrasi kamu menjadi tajam dan kuat. Karena ketika menulis kita menjadi memiliki pengalaman. Menulis juga melibatkan lebih banyak indera, jadi menempel di pikiran bawah sadar kamu. Itu sebabnya, beda banget ketika kamu hanya membaca sebuah artikel seperti sekarang, dengan ketika kamu sudah menuliskannya.



 

Sumber : juragancipir.com

  • Bagikan Artikel Ini Ke Orang Lain

Cara ini lebih efektif lagi daripada menulis. Karena pada saat kamu memberitahu orang lain atau mengajarkan sesuatu kepada orang lain, otomatis kamu akan mengingat dan langsung memberitahu kepada orang tersebut. Itu sebabnya, seorang mentor, guru, dosen ataupun pendakwah dapat otomatis mengeluarkan jawaban-jawaban yang ditanyakan kepadanya dengan lancar, karena sudah keseringan mengatakan hal tersebut.



Itulah 7 cara agar kita terhindar dari yang namanya pelupa. Cepat-cepat dipraktekinnya dan dijadikan kebiasaan. Kalau ada kendala ataupun berhasil dalam meningkatkan daya ingat kamu, bisa comment di bawah ya. Oh iya satu lagi, kalau kamu punya tips untuk meningkatkan daya ingat, bagi-bagi juga ya di kolom komentar. See you guys!


 

Penulis : Shafira Triana

15 views0 comments
bottom of page